Pelajari Tanda Bayi Cukup Asi Eksklusif

Pelajari Tanda Bayi Cukup Asi Eksklusif

Apa bayi saya sudah cukup ASI? Aduh air susu saya sedikit, jangan- jangan asupan ASI untuk bayi saya tidak cukup.  Ibu bisa Pelajari Tanda Bayi Cukup Asi Eksklusif adalah dengan melihat berat badan bayi, cara bayi menyusu, frekuensi buang air kecil dan buang air besar pada bayi.

Seringkali ibu khawatir jika ASI yang diberikan kepada bayi belum memenuhi kebutuhan bayi. Terkadang ibu beranggapan bahwa bayinya tidak cukup ASI sehingga memerlukan tambahan sufor. Untuk itu, kita perlu mempelajari tanda- tanda apa saja yang bisa dilihat sehingga kita mengetahui apakah bayi kita sudah cukup ASI atau belum. Beberapa tanda bayi cukup ASI eksklusif adalah:

  1. Kenaikan berat badan bayi sekitar 400 gram – 1 kg setiap bulannya. Di 3-4 hari setelah lahir, berat badan bayi umumnya turun 7% dan ketika berumur 10-14 hari biasanya beratnya kembali mencapai berat badan saat lahir. Seiring semakin lancarnya ASI berat badan bayi akan terus meningkat.
  2. Memiliki frekuensi menyusu yang cukup. Bayi baru lahir biasanya menysusu setiap 2-3 jam sekali. Biarkan bayi menentukan frekuensi menyusu. Pasa masa growth spurt ( biasanya pada usia 2, 3,6 minggu dan 3 bulan) Frekuensi menyusu bayi akan lebih banyak dan sering.
  3. Payudara ibu melunak setelah dihisap ASI oleh bayi. Bila proses menyusui berjalan baik, payudara ibu yang tadinya penuh akan terasa kosong. Yang tadinya payudara keras akan melunak.
  4. Dagu bayi naik turun ketika sedang menyusu
  5. terdengar bunyi (glek..glek..atau slurp..slurp..) ketika bayi mengisap payudara
  6. ASI terlihat di sekitar bibir bayi
  7. Bayi tidak rewel dan terlihat ceria. Bayi yang ASInya terpenuhi akan tampak sehat, aktif dan ceria. Karena ASInya sudah terpenuhi bayi jadi tidak mudah rewel.
  8. Bayi buang air besar minimal 1 kali sehari dengan tinja berwarna kuning, sedikit berbau, bentuknya lunak agak cair dan berbiji- biji.
  9. Bayi buang air kecil lebih dari 6 kali sehari , waspadai  jika ada endapan merah bata di urine yang berarti bayi kurang mendapat ASI.
  10. Tertidur pulas setelah menyusu selama 2-3 jam. Jika bayi tertidur pulas itu pertanda bayi sudah kenyang.

 

Jika ibu Pelajari Tanda Bayi Cukup Asi Eksklusif sejak dini, ibu dapat melakukan upaya- upaya pencegahan agar asupan ASI pada bayi dapat tercukupi. Jika bayi masih belum cukup ASI, segera konsultasikan kepada dokter anak untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Difani

Hi world...welcome to the journey of mom and baby. We deliver your needs as a moms, woman and wife. Stay tune

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *