Pelajari Cara Anak Belajar Warna Dengan Mudah

Perkembangan si kecil dari hari ke hari memang sangat menarik untuk dipelajari ya mom. Yuk kita Pelajari Cara Anak Belajar Warna Dengan Mudah agar si kecil semakin terasah kecerdasannya. Dengan mengenalkan warna, si kecil akan semakin terasah kemampuan penglihatan serta emosionalnya.  Karena warna juga dapat mempengaruhi psikologis anak.

 

Pelajari Cara Anak Belajar Warna Dengan Mudah

Mengapa orang tua harus mengenalkan warna pada anak kita moms? Tahukah moms, jika warna dapat membantu anak mengekspresikan emosi? Warna dapat digunakan untuk mengetahui apakah anak sedang marah, senang, sedih, atau takut. Psikolog menggunakan teknik ‘Color your life” atau warnai hidupmu untuk mengetahui emosi anak melalui warna yang dicoretkan anak di kertas. Sehingga penting sekali untuk anak dapat mengenal warna sehingga ia dapat mengekspresikan emosinya dan orang tua dapat mengetahui emosi yang dirasakan anaknya.

Anak mulai bisa mengenal warna umumnya di usia 2-3 tahun. Di usia itu anak hanya mengandalkan root memory (memori dasar) saat mengenal warna seperti halnya hafalan. Itu sebabnya orang tua harus bersabar dan bisa mengenalkan warna pada anak dengan benar.

Untuk mengajarkan warna pada anak lakukan dengan bertahap, dimulai dengan mengenalkan warna dasar seperti merah, kuning, hijau dan biru. Merah dan kuning biasanya akan dikenal anak pertama kali, baru kemudian warna biru dan hijau lalu warna- warna yang lebih muda.Secara bertahap anak mulai mengembangkan kemampuan membedakan gradasi warna dari warna gelap ke warna pastel.

 

Dibutuhkan kreativitas kita sebagai orang tua untuk dapat mengenalkan warna pada anak kita moms. Cara yang bisa kita lakukan diantaranya:

  1. Ajarkan anak mengenal warna sambil bermain

Misalkan, ajari anak belajar warna dengan cara yang menyenangkan moms. Bermain merupakan hal yang sangat disukai si kecil. Kemampuan anak mengenal warna sangat bergantung dengan kemampuannya berbicara dan mengingat. Karena warna bsia dijadikan alat komunikasi dengan anak yang memudahkannya menanggapi bahasa.

  • Ajarkan anak mengenal warna sambil memegang aneka warna pada mainan atau benda di sekitarnya. Misalkan, ajarkan warna sambil memegang mobilan anak yang berwarna merah atau mengenalkan warna merah sambil si kecil memegang apel.
  • Gunakan makanan untuk bermain dan mengenalkan warna. Misalnya dengan membiarkan anak menyusun snack/buah-buahan berdasarkan warna.
  • Ajarkan anak mengenal warna lewat lagu moms, misalnya dengan bernyanyi lagu Balonku Ada Lima, Pelangi, dan Lihat Kebunku. Agar anak bisa sambil menunjukan gambar- gambar yang sesuai tema lagu sehingga lebih mudah mengingat.
  1. Sering menyelipkan konsep warna ketika berinteraksi sehari- hari

Setelah mengenalkan warna- warna dasar pada anak, selanjutnya kita dapat menyelipkan konsep warna pada kegiatan si kecil. Misalnya dengan “Tolong ambilkan ibu gelas warna merah di atas meja”. Atau tolong ambilan ibu boneka/mobilan adek yang berwarna kuning”. Hal ini bisa membuat si kecil semakin terlatih untuk mengenal warna.

Pelajari Cara Anak Belajar Warna Dengan Mudah dan menyenangkan, agar si kecil antusias mengenal warna. Kuncinya telaten dan sabar ya moms. Jika anak bisa menyebutkan atau membedakan warna, maka kita sebagai orang tua perlu bersabar karena setiap anak memiliki keistimewaan tersendiri.

 

Difani

Hi world...welcome to the journey of mom and baby. We deliver your needs as a moms, woman and wife. Stay tune

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *