Bertelanjang Kaki Baik Untuk Anak Belajar Berjalan

Bertelanjang Kaki Baik Untuk Anak Belajar Berjalan

Saat anak mulai belajar berjalan, kita seringkali khawatir jika anak belajar berjalan tanpa alas kaki. Takut jika kaki anak menjadi kotor atau terkena benda tajam yang akan melukai kakinya. Tapi tahukah ibu jika Bertelanjang Kaki Baik Untuk Anak Belajar Berjalan ketimbang menggunakan alas kaki?

 

Anak belajar berjalan di rumput.

Menurut Kevin Geary ( seorang ahli parenting, guru dan penulis buku Revolutionary Parent) mengatakan banyak manfaat yang bisa didapatkan saat anak bertelanjang kaki. Geary menjelaskan bahwa saraf di kaki kita itu sensitif (telapak kaki kita memiliki lebih dari 200.000 ujung saraf – salah satu konsentrasi tertinggi di seluruh tubuh) sehingga kaki membuat kita aman, lebih berhati-hati, dan lebih mampu beradaptasi dengan tanah di bawah kita. Dengan bertelanjang kaki akan membantu seorang anak mengembangkan kesadaran tubuh. Pendapat Kevin Geary juga didukung oleh Dr. Kacie Flegal (ahli pediatri). Dia sependapat jika bertelanjang kaki sangat menguntungkan anak karena dapaat memotivasi perkembangan proprioseptif dan vestibular anak. Sehingga sangat baik membiarkan bayi kita bertelanjang kaki selama mungkin.

Mengapa Bertelanjang Kaki Baik Untuk Anak Belajar Berjalan? Karena memiliki banyak manfaat bu :

  1. meningkatkan motorik dasar, dengan membiarkan anak bertelanjang kaki dapat membantu anak merasakan perbedaan tekstur sehingga mampu merangsang kemampuan motorik agar berkembang secara optimal.
  2. membantu perkembangan otot si kecil, dengan bertelanjang kaki dapat menguatkan kaki anak dan membuat lengkung telapak kakinya tidak rata (flat foot)  sehingga membuat cara berjalannya lebih seimbang.
  3. Membuat keseimbangan anak menjadi lebih baik, dengan bertelanjang kaki anak akan lebih mudah menyeimbangkan tubuh karena terbiasa menggunakan jari kaki untuk mencengkram tanah. Anak merasakan tekstur pijakan dan otomatis mengontrol gerakan kaki.
  4. membuat kaki terasa segar, bertelanjang kaki dapat mejaga kelembaban untuk kulit anak karena langsung dengan udara.
  5. meningkatkan sirkulasi darah, selain itu dapat merangsang ujung syaraf.
  6. mengurangi resiko cedera, jari kaki anak yang bertelanjang kaki akan lebih bebas bergerak dan bernapas.
  7. lebih sensitif terhadap lingkungan, bertelanjang kaki  membuat anak mengenali tekstur seeperti rumput, kerikil, pasir, lumpur, dsb sehingga membuat mereka lebih sensitif atau peka terhadap lingkungan. Anak yang bertelanjang kaki menciptakan hubungan langsung dengan lingkungan.

Itulah mengapa Bertelanjang Kaki Baik Untuk Anak Belajar Berjalan. Tapi sebelum membiarkan anak bertelanjang kaki, ibu perlu mengecek  medan pijakan yang akan dilewati anak. Pastikan medan yang dilewatinya terbebas dari benda- benda berbahaya ya bu.

Info tentang kebutuhan ibu dan bayi KLIK DISINI

Difani

Hi world...welcome to the journey of mom and baby. We deliver your needs as a moms, woman and wife. Stay tune

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *